Home / blog / Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi

Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi

Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi

Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi, hampir semua orang di belahan dunia manapun pasti sudah pernah minum kopi. Bahkan hampir bisa dipastikan sebagian besar orang dewasa biasanya menyukai kopi. Dan di beberapa daerah minum kopi juga telah menjadi seperti kebiasaan. Buadaya minum kopi sering kita temukan pada orang-orang tua pada zaman dahulu sampai saat ini.

Banyak orang mempunyai pendapat bahwa mengkonsumsi kopi akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Pendapat orang bahwa kopi itu buruk untuk kesehatan sebenarnya tidak benar, tapi juga tidak 100% salah. Manfaat kopi sangatlah banyak bagi kesehatan, namun kita juga harus ingat bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

kopi

Manfaat Kopi Berawal Dari Afrika

Kopi yang kita kenal sekarang ini pada awal sejarahnya dimulai dari daratan Afrika. Di Afrika orang telah menikmati manfaat kopi sejak ribuan tahun yang lalu yaitu sekitar 800 tahun sebelum masehi. Pada awalnya biji kopi di dataran Afrika hanya dikonsumsi oleh hewan ternak khususnya kambing. Kambing-kambing yang digembalakan itu memiliki kebiasaan memakan biji-biji kopi, dan mereka selalu tampak segar dan lincah.

Berawal dari situ kemudian para penggembala kambing ini mulai merasa tertarik untuk memakan biji kopi ini. Lalu mereka merasakan bahwa ternyata khasiat kopi ini sangat bagus untuk stamina tubuh mereka. Mulai saat itulah kemudian orang lalu berusaha mengolah dan mengkonsumsi kopi dengan cara memasaknya dan membuatnya menjadi minuman yang dapat menambah stamina. Walaupun pada masa itu orang hanya mengkonsumsi kopi dengan cara yang masih sangat sederhana sekali dan sangat tradisional.

Bangsa Arab Pelopor Manfaat Kopi Modern

Minuman kopi modern seperti yang biasa kita minum saat ini berawal dari keberhasilan bangsa Arab mengembangkan kopi tradisional yang sebelumnya telah dikonsumsi masyarakat Afrika. Pada sekitar abad ke-13 bangsa Arab yang telah memiliki peradaban yang jauh lebih maju, memiliki cara yang lebih baik untuk mengkonsumsi kopi. Mereka mampu menikmati khasiat kopi dengan berbagai cara pengolahan. Dan mereka juga telah mulai mengambil sari kopi dan menjadikannya minuman.

Namun khasiat kopi yang telah dikonsumsi oleh bangsa Arab tidak bisa dinikmati oleh bangsa lain karena biji kopi tidak bisa didapatka di negara lain selain di Arab. Hal ini terjadi karena bangsa Arab hanya mengirimkan ke negara lain biji kopi yang telah matang dan tidak bisa dikembang biakkan.

Lalu tersebutlah seorang India yang akhirnya berhasil membawa keluar biji kopi untuk ditanam di negara di luar Arab. Dan mulai saat itulah tanaman kopi mulai dapat ditemukan di negara lain dan semakin berkembang dengan pesat ke benua lain.

Tidak berapa lama kemudian kopi mulai dapat dikenal luas mulai dari Turki. Lalu mulai masuk ke benua eropa, dan negara Belanda adalah negara Eropa pertama yang berhasil membudidayakan tanaman kopi pada sekitar abad ke-17. Dan bangsa Belanda yang pada saat itu menjajah bangsa Indonesia akhirnya membawa tanaman ini masuk ke Indonesia untuk dibudidayakan. Dan mulai saat itulah masyarakat Indonesia mengenal dan bisa merasakan khasiat kopi.

Manfaat Kopi Dan  khasiat Kopi 

Secara umum kopi di dunia ini dibagi menjadi 2 yaitu :

1.Robusta

Kopi Robusta merupakan jenis dengan kualitas yang standar dan tidak terlalu bagus. Asalnya dari daerah Kongo yang ditemukan pertama kali pada sekitar abad ke-19. Kopi jenis Robusta ini memiliki rasa yang agak asam dan lebih pahit. Selain itu kopi Robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi. Walaupun memiliki kelas yang lebih rendah, namun keunggulan kopi ini adalah tanamannya lebih mudah dibudidayakan di daerah manapun dengan ketinggian tanah yang hanya 800 meter diatas permukaan laut. Selain itu tanaman kopi robusta lebih kuat menghadapi serangan hama tanaman kopi. Dengan kondisi di atas, maka menjadikan kopi Robusta mempunyai harga yang lebih murah dan lebih dikenal oleh masyarakat dunia luas.

2.Arabika

Kopi Arabika adalah jenis kopi dengan kualitas terbaik, dan berasal dari daratan Afrika. Jenis ini memiliki ciri biji kopi yang lebih kecil. Tanaman kopi Arabika hanya dapat tumbuh di negara beriklim tropis atau sub tropis dengan ketinggian 600 – 2000 meter diatas permukaan laut. Di Indonesia jenis kopi Arabika ini dapat tumbuh dengan sangat baik dan merupakan kualitas terbaik dunia.

Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi

Manfaat Kopi dan Proses Pembuatannya, Untuk dapat menikmati segelas kopi yang nikmat ternyata membutuhkan proses pengolahan yang sangat panjang dan rumit.

  • Pemisahan cangkang. Pada awalnya biji kopi yang telah matang yang biasanya berwarna merah gelap dipanen dengan cara dipetik. Setelah itu biji kopi akan melalui proses penjemuran atau pengeringan dan pemisahan cangkang untuk memisahkan cangkang dan isinya.
  • Pemanggangan. Proses pemanggangan dilakukan untuk mendapatkan biji kopi yang matang dan beraroma sedap, selain itu juga untuk mendapatkan warna coklat/hitam yang menarik.
  • Penggilingan. Biji kopi yang kering dipanggang lalu digiling halus sampai menjadi bubuk kopi. Setelah menjadi bubuk kopi, maka kopi siap untuk dikonsumsi.
  • Perebusan. Bubuk kopi yang telah siap bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya. Untuk mendapatkan citarasa yang terbaik maka harus memperhatikan takarannya, kadar airnya, dan lama perebusan.
  • Dekafeinasi. Ini adalah proses menghilangkan atau mengurangi kadar kafein dalam kopi. Proses dekafeinasi hanya merupakan proses tambahan saja. Kopi yang telah melalui proses dekafeinasi biasanya dikonsumsi oleh penikmat kopi yang tidak ingin terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Orang di belahan dunia manapun telah mengetahui manfaat kopi sebagai minuman penambah stamina dan penghilang rasa kantuk. Orang biasanya minum kopi di pagi hari untuk menghilangkan rasa kantuk yang biasanya masih menyerang di pagi hari saat memulai aktifitas. Namun sebenarnya masih sangat banyak lagi manfaat kopi yang dapat ditemukan dan dipergunakan dalam kehidupan manusia terutama di bidang kesehatan.

1.Menghilangkan rasa kantuk. Tentu kita semua sudah mengetahui manfaat kopi yang satu ini. Zat kafein yang berada dalam kopi memiliki efek meningkatkan kinerja prikomotor tubuh kita yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat tubuh kita selalu terjaga saat mengantuk.
2.Meningkatkan konsentrasi. Manfaat kopi sebagai minuman peningkat konsentrasi berasal dari kandungan kafein yang mampu memperlancar peredaran darah dan memompanya ke jantung dengan lebih baik. Dengan demikian kita akan lebih berkonsentrasi saat melakukan kegiatan setelah minum kopi.
3.Mengatasi penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan memang dipercaya dapat memicu penyakit jantung. Namun berbagai penelitian belakangan ini justru mengungkapkan bahwa ada manfaat kopi yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya secara wajar yaitu 2-3 cangkir per hari, yaitu membantu melancarkan peredaran darah menuju jantung sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Tentunya harus diimbangi juga dengan cara hidup sehat lainnya seperti olah raga dan mengkonsumsi makanan sehat.
4.Antioksidan. Menurut beberapa penelitian, kopi memiliki antioksidan yang ternyata lebih banyak daripada semua jenis sayur dan buah. Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu dan paling tinggi dari semua jenis makanan.
5.Mencegah penyakit parkinson. Manfaat kopi yang bisa dirasakan oleh mereka yang telah berusia lanjut yaitu kopi sebagai pencegah penyakit parkinson. Penyakit ini biasa diderita oleh orang tua, dengan gejala tremor di seluruh tubuh. Mengkonsumsi secara wajar dan teratur sekitar 2 cangkir per hari diyakini mampu mencegah parkinson.
6.Mencegah kanker. Menfaat kopi bagi wanita dengan meminumnya secara teratur menurut penelitian mampu mengurangi resiko kanker terutama kanker payudara.
7.Mengurangi resiko diabetes. Berbagai penelitian di seluruh dunia mengungkapkan bahwa manfaat kopi mampu mengurangi resiko diabetes tingkat 2. Hal ini terjadi karena kandungan asam klorogenik dalam kopi yang mampu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan agar mengkonsumsi kopi tanpa gula.
8.Mengatasi sirosis pada hati. Sirosis pada hati akibat minuman beralkohol dapat diatasi dengan mengkonsumsi kopi secara teratur. Kopi dapat membantu menetralkan kandungan alkohol dalam hati sehingga membantu mencegah kerusakan hati.
9.Untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kopi membuat kopi sangat berperan di kalangan wanita terutama di bidang kecantikan. Hal ini merupakan efek dari kerja antioksidan dalam kopi yang mampu meluruhkan racun-racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.
10.Menghaluskan kulit. Belakangan ini melalui beberapa penelitian mengungkapkan manfaat kopi untuk kulit tubuh, hal ini membuat maraknya berbagai perawatan kulit dengan menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya.

Mengingat manfaat kopi yang begitu besarnya bagi kesehatan tubuh manusia, maka tidak heran bahwa sampai saat ini kopi masih merupakan salah satu produk yang sangat populer untuk dimanfaatkan di berbagai sektor selain makanan terutama di sektor kesehatan dan kecantikan.

Satu hal yang perlu diingat adalah bagaimanapun juga seperti yang lainnya bahwa selain berbagai khasiat kopi, kopi juga memiliki sisi negatif. Bahaya kopi bisa muncul apabila kita mengkonsumsinya dengan tidak wajar dan berlebihan. Namun bila kita mengkonsumsinya dengan sewajarnya, maka bisa dipastikan bila kita akan mendapatkan manfaat kopi yang besar pula.

Untuk informasi dan pemesanan produk Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi, silahkan hubungi kami melalui.

Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi Manfaat Kopi dan Khasiat Kopi, hampir semua orang di belahan dunia manapun pasti sudah pernah minum kopi. Bahkan hampir bisa dipastikan sebagian besar orang dewasa biasanya menyukai kopi. Dan di beberapa daerah minum kopi juga telah menjadi seperti kebiasaan. Buadaya minum kopi sering kita temukan pada orang-orang tua pada zaman dahulu sampai saat ini. Banyak orang mempunyai pendapat bahwa mengkonsumsi kopi akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Pendapat orang bahwa kopi itu buruk untuk kesehatan sebenarnya tidak benar, tapi juga tidak 100% salah. Manfaat kopi sangatlah banyak bagi kesehatan, namun kita juga harus ingat bahwa mengkonsumsi…

Review Overview

User Rating: 4.98 ( 3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*